Thursday, June 15, 2006

Nilaiku.....

Hari ini, 15 Juni 2006, adalah hari terakhir pengumpulan nilai Semester II 2005/2006. Untunglah, dosen-dosenku pada disiplin. Jadinya, hari ini nilai-nilai kuliah udah keluar. Kebetulan semester ini aku cuma ngambil dua mata kuliah. Sebenernya sih di FRS aku ngambil lima mata kuliah, tapi yang tiga bukan bener-bener ”kuliah” (Tugas Akhir II, Seminar, Sidang Sarjana). Jadi, wajar aja dong kalo aku berharap dapet nilai bagus untuk kedua kuliah yang kuambil. Apalagi kedua kuliah ini adalah pilihanku sendiri, bukan mata kuliah wajib yang dipaketin ama ”Jurusan” (sekarang namanya ”Sekolah Farmasi ITB”, tapi rasanya aneh kalo nyebut ”Sekolah”; ntar dikira SMF lagi).

Namun, untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Ternyata oh ternyata, aku cuma dapet nilai C untuk mata kuliah Jurnalisme Sains dan Teknologi. Kaget juga sih, habis baru pertama kali ini dapet C (kalo E sih udah pernah, he, he, he ^_^). Bohong aja kalo bilang aku gak kecewa. Aku EMANG kecewa. Soalnya, aku udah nargetin nilai B untuk mata kuliah ini. Bukan berarti aku ini orang yang maniak nilai, tapi bikin target gak ada salahnya kan?! Kalo kejadian ini berlangsung tiga tahun lalu, yakin deh, aku pasti bakal kecewa berat (saat itu, aku masih seorang maniak nilai); terus sampe gak bisa tidur segala kalo sampe dapet nilai C. Tapi saat ini, aku berusaha melihat segala hal dengan logis dan positif.

Pertama, kayaknya aku harus mikir ulang deh, kalo sampe ngerasa kecewa cuma gara-gara nilai jelek. Masalahnya, emang artikel-artikel yang kubuat untuk UTS dan UAS gak mengesankan sama sekali. Artikel yang kubuat pas UTS bener-bener basi. Sama sekali gak ada istimewa-istimewanya, kayak resume buku Mikrobiologi+Farmakologi gitu deh. Dan UASnya, dugaanku nilainya jelek karena emang kurang sesuai ama yang diminta ama si Bapa. Untuk UAS, kita kan disuruh bikin feature, artikel dengan sentuhan kemanusiaan, tapi artikelku kalo diliat isinya seakan-akan cuma berisi ringkasan opini orang. Gitu aja. Jadi, wajar dong kalo akhirnya si Bapa ngasih nilai C.

Kedua, selama ini aku beberapa dapet nilai yang sebenernya gak layak kudapatkan. Coba aja tanya aku tentang Kalkulus II atau Analisis Kimia Anorganik. Pasti aku gak berkutik. Padahal untuk kedua mata kuliah itu, nilaiku A loh. Dan nilai kan seharusnya mencerminkan pemahaman yang mendalam terhadap materi kuliahnya. Jadi, gak selayaknya aku mengeluh atas nilai jelek yang layak kuterima kalo selama ini aku gak pernah protes pas dapet nilai bagus yang gak seharusnya kudapat.

Terakhir, terlepas dari nilaiku yang tidak memuaskan, aku bener-bener menikmati kuliah Jurnalisme Sains dan Teknologi. Banyak banget tips dan dorongan semangat yang diberikan oleh dosenku selama kuliah. Berkat kuliah itu, aku jadi makin termotivasi buat nulis. Emang kualitasnya masih jauh dari bagus sih, tapi yang penting kan pengalamannya itu. Bener gak?!

2 comments:

  1. Anonymous11:15 AM

    Klo saya sih Alhamdulillah nilai saya msh sesuai sm kemampuan sy sebenernya..Nilai A & B b'tebaran di kuliah2 Teknologi farmasi dan Analisis.Sebaliknya nilai C dan D b'tebaran jg di kuliah2 Farmakologi & Farmakognosi-Fitokimia.Soaln slm kul sy emg bs dbilang"selektif" milih kul mn aja yg sy suka & males buang2 waktu & energi bwt mata kul yg isinya cuma apalan aja (hari ini apal bwt uj abis uj tinggal 10% yg msh nyisa di otak)..
    Nlai A kmu Ren,jgn ngerasa ga pantes nerimanya.Nlai yg qta dpt ga seluruhnya b'dsrkan apa qta paham ato ngga sm isi kuliahny,tp jg usaha qta u/m'dpt hasil yg baik itu,usaha yg maks insya 4JJI hasiny jg optimal kan..

    ReplyDelete
  2. Anonymous1:34 AM

    Very nice site! » »

    ReplyDelete