Monday, July 07, 2008

Anime Asyik...

Uwaaaa, akhirnya muncul juga anime bagus yang (lumayan) baru setelah sekian lama vakum. Salut deh, buat stasiun-stasiun TV yang berhasil beli hak siarnya (nih, aku muji; gak sarkastis kayak biasanya; bagus kan?!). Ini dia anime-anime yang kupantengin tiap kali nongol di TV:

Bleach
Indosiar, Minggu jam 11.00

Tipikal anime shonen yang diangkat dari komik karya Kubo Tite (ato Tite Kubo) ini menceritakan tentang cowok bernama Kurosaki Ichigo yang terpaksa menjalankan tugas sebagai shinigami (dewa kematian) setelah tanpa sengaja terjebak dalam "pertarungan" antara shinigami tulen Kukichi Rukiya dan roh jahat (yang disebut "hollow"). Ceritanya seru sih, sayangnya ini tipe ceritanya yang bisa dipanjang-panjangin sesuka hati (baca: sampe popularitasnya turun dan penerbit memutuskan untuk tak meneruskannya lagi) oleh sang penulis, jadi aku pribadi ogah kalo harus beli komiknya (catatan: kalo gak salah di Jepang udah nyampe volume 33, di Indonesia baru nyampe volume 8 dan diterbitin oleh M&C). Setidaknya animenya ditayangin di TV, jadi aku bisa "agak" ngikutin ceritanya.

Death Note
Global TV, Sabtu jam 19.00

Sama seperti Bleach, cerita ini juga menampilkan shinigami, tapi wujudnya beda banget. Si shinigami ini ngejatuhin Death Note--buku yang bilamana ditulisi nama seseorang di dalamnya, maka orang itu akan mati--ke dunia manusia. Buku ini dipungut oleh siswa SMA jenius bernama Yagami Light (catatan: bacanya RAITO) yang kemudian memanfaatkannya untuk menghukum mati sampah masyarakat. Setidaknya, begitulah awalnya. Death Note dituangkan ke dalam beberapa media: komik, anime, dua film live action, dan satu film live action spin-off--yang endingnya beda semua. Mungkin menyenangkan bagi para penggemar beratnya, tapi bikin pusing dan males bagi orang awam seperti saya. Saking hebohnya cerita yang satu ini, aku gak tertarik lagi buat beli komiknya ato pun nyari anime/filmnya di Kota Kembang (maaf...maaf...). Maklum lah, aku ini tipe orang yang "menolak untuk menggemari hal-hal yang digemari orang banyak". Tapi kalo disodorin, nerima aja deh.

Kekkaishi
antv, Senin-Jumat jam 13.15 & Sabtu-Minggu jam 09.00

Sama seperti Death Note, Kekkaishi juga punya persamaan dengan Bleach (tapi bukan soal shinigami) yaitu tokoh utama yang sama-sama memakai hakama (celana tradisional Jepang) dalam beraksi. Tokoh utamanya cowok juga, Sumimura Yoshimori si pengguna kekkai (kekkai bisa diartikan sebagai "barrier") yang mendapat warisan tugas buat ngejaga Karasumori, daerah berkekuatan gaib besar (belum jelas kekuatan gaib seperti apa), yang sekarang menjadi lokasi sekolahnya. Entah kapan komik satuannya bakal muncul (baru nongol di majalah Shonen Star), tapi kalo udah terbit pasti aku beli deh.

Catatan: Ada sesuatu yang salah dalam paparan di atas? Istilah yang gak tepat? Penjelasan yang gak akurat? Tak perlu ngamuk dan mencela, silakan pencet tombol "Comment" dan beri tahu diriku apa yang salah. Okeh?!

0 comments:

Post a Comment