Wednesday, December 27, 2006

Web Log ala Reni

Semua orang yang ngebaca ini pasti tertawa terbahak-bahak, tapi--aku baru aja tau kalo blog itu sebenernya singkatan dari web log. Oke, silakan ketawa.

..............................................................................

Ngomong-ngomong soal log, itu bukannya produser musik rock asal Surabaya ya? (Itu mah Log Zhlebor! Gubrakssss...., ke laut aja lu Ren! Lelucon basi macam apa itu?!). He, he, he, bukan ding. Benda yang satu ini mengingatkanku pada cerita-cerita di buku atau film tentang penjelajahan samudera dan bajak laut. Seperti ini, nih:

Rabu, 12 November 17xx
Hari ini cerah. Sayang suasana di kapal tampaknya diliputi awan mendung. Sudah dua bulan kami tidak melihat daratan. Para awak mulai khawatir dengan keadaan ini, apalagi persediaan air semakin menipis. Aku harus bisa meyakinkan mereka, kalau tidak, hanya masalah waktu sampai mereka akhirnya memberontak....

Intinya, log itu adalah catatan harian. Aku gak tau apakah dalam dunia pelayaran seorang kapten kapal emang diwajibkan untuk punya log dan mengisinya secara teratur. Tapi walau gak diwajibkan pun, seorang kapten yang baik kayaknya bakal melakukan ini (bermanfaat sih). Syukurlah, soalnya banyak informasi berharga yang diperoleh lewat penelaahan log-log para kapten--bukan cuma tentang pemberontakan awak kapal kayak di film-film, tapi juga tentang keanekaragaman hayati, peristiwa dahsyat seperti meletusnya Krakatau, dll.

Kalo mau berpegang pada arti istilahnya, seharusnya yang namanya log itu--termasuk web log alias blog--berisi catatan kejadian sehari-hari yang dialami/ diamati oleh penulisnya. Namun demikian, kandungan “kejadian sehari-hari” dalam blogku ini justru dikit banget. Blog ini lebih banyak berisi pikiran-pikiran aneh(yang gak penting banget)ku tentang sesuatu. Lihat sendiri kan?! Diisinya pun gak tiap hari seperti layaknya sebuah log.

Tapi seperti kata Shakespeare, apalah arti sebuah nama? (Sebenernya sih berarti loh, berarti!) Kalaupun aku mengisi blog ini bukan dengan catatan harian, emangnya siapa yang mau ngelarang, hayo? Masih untung aku masih punya keinginan untuk menulis sesuatu (meskipun gak penting) daripada gak nulis sama sekali. Kalo gak suka, pergi aja sana (ini dunia maya yang bebas, gitu loh). Tapi kalo masih ada yang berkenan ngelirik atau bahkan membaca web log ala Reni ini, yuk ah: All aboard!

0 comments:

Post a Comment