Saturday, September 01, 2012

Sarapan Ala Turki

Aku lapar. Tapi karena malam-malam begini nggak boleh makan (nanti nggak tercerna dengan baik lho), mending ngomongin makanan aja.

Sewaktu pelesir ke Turki, aku beberapa kali dapat sarapan di penginapan. Menunya kurang-lebih seperti ini:
  1. Roti, dikasihnya sekeranjang penuh, untuk dinikmati sesukanya. Kalau untuk satu orang Indonesia seukuran aku, dijamin nggak bakalan habis. Rotinya buatan rumah (paling enggak buatan toko roti lah, bukan keluaran pabrik kayak di Indonesia), teksturnya lebih kasar daripada yang biasa kita jumpai di sini.
  2. Buah zaitun. Ternyata buah zaitun itu asam! (Maaf, sebelumnya saya tidak tahu.)
  3. Telur rebus, tentu saja disertai penyedap rasa yang biasa--duo garam dan merica.
  4. Selai ceri dan stroberi, mentega (bukan margarin!), keju. Aku pernah "apes"--keju yang kuambil rupanya keju kambing, bukan keju sapi. Baunya! (Mohon ampun kepada penggemar kambing.)
  5. Yoghurt kental tanpa gula. Berkat makanan/minuman semisolida ini, Anda tidak perlu khawatir dirundung sembelit selama di Turki.
  6. Teh. Orang Turki suka sekali minum teh. Orang Jawa juga, ya?
Barangkali Anda tidak percaya, tapi sajian sesedikit itu sudah lebih dari cukup untuk mengenyangkan perut!

0 comments:

Post a Comment