Friday, February 01, 2008

Diam-diam Malu

“…it always seemed to me that what was set down as pride was really an attempt to cover extreme natural diffidence.” -Sherlock Holmes-


Ada orang yang dengan entengnya bisa ngobrol santai dengan siapa pun, gak peduli siapa lawan bicaranya. Ada juga yang bisa dengan gampang menjalin percakapan dengan orang lain yang baru mereka kenal. Aku bukan salah satu di antaranya.

Sejak dulu, aku bukanlah jawara dalam sosialisasi. Meskipun cukup bersahabat, cenderung cerewet malah, terhadap keluarga ato temen-temen dekat, tapi aku gak pernah bisa berbasa-basi dengan orang yang gak kukenal dengan baik. Yang kupikirkan adalah: Apa kesannya gak terlalu SKSD tuh, kalo s0k-sok akrab ama orang? ato Ntar dicuekin, kan malah lebih malu lagi?! ato Kayaknya obrolannya gak bakalan nyambung deh, jadi untuk apa repot-repot?

Aku bisa punya sejuta alasan, tapi sebenernya, semua pikiran itu timbul karena rasa malu yang berlebihan. Persis seperti kata Holmes (ato Sir Arthur Conan Doyle). Manifestasinya adalah sikap super lempeng. Bahkan ada beberapa kenalanku (gak deket sih, tapi tetap aja kenal secara pribadi) yang dengan sengaja kuabaikan. Kalo ketemu, aku cuek-cuek aja, kayak yang gak kenal. Sekedar senyum ato menyapa pun enggak. Mereka pasti mengira aku ini anak sombong. Padahal sumpah, itu bukan karena aku sombong, tapi semata-mata karena akunya yang malu.

Jadi, kalo ada tersinggung karena kucuekin, aku bener-bener minta maaf. Soalnya, aku gak tau harus bersikap seperti apa di depan kalian. Aku terlalu malu.

2 comments:

  1. Anonymous11:09 AM

    Sebagai salah seorang teman yang ngerasa cukup dekat dengan reni indardini, menurut saya reni punya pribadi yang menyenangkan...
    Saya tidak melihat reni sebagai orang yang sombong/cuek, tidak pada saat baru kenal, sampe s'karang.. Malah sangat perhatian ke sesama. Cieee..
    Kalo ngobrol sama temen yang akrab ato ga, tetep ramah.
    Seperti sekarang, walau temennya udah jauh di seberang pulau, tapi reni tetep aktif nanyain kabar. Atau cuma sekadar 'say hi'. Itu berarti reni masih ingat sama temen-temennya. Jarang-jarang kan ada temen yang setia gitu...
    Memang, s'tiap orang punya cara pendekatan/ bersosialisasi berbeda-beda. Ada yang mesti kenal dekat dulu, baru bisa ngobrol asik. Tapi ada juga yang baru kenal udah langsung crita macam-macam kaya' ke temen lama. Boleh-boleh aja. Stiap orang kan punya karakter berbeda-beda. Miza s'ndiri ngerasa mungkin termasuk ke dalam kelompok yang reni bilang di awal tadi, dengan entengnya bisa ngobrol santai dengan siapa pun. Tapi sebenernya, tergantung lawan bicaranya juga siy. Kalo seandainya orang yang kita ajakin ngobrol ngasih respon yang positif (dalam arti keliatan ga keberatan), sah-sah aja kalo kita jadi SKSD. Intinya adalah 'PD' (Percaya Diri). Miza sebenernya bukan orang yang PD, tapi untuk hal-hal yang kaya' gitu miza masih cukup PD lah.. Abis, ga tahan seh kalo ga ngobrol. Kecuali kalo emang moodnya lagi ga pengen ngobrol. Hehehe..
    Cuman kelemahannya, kadang suka ga nyambung... (HUAHAHAHAHA....waduhh, malah lebih parah ya.. ;p)
    Trus, kalo ternyata dalam usaha SKSD kita dicuekin, ya biarin aja. Emang harus siap dengan resikonya. Lumayan kan daripada ga nyoba sama sekali..
    Keuntungannya, syukur-syukur kalo kita bisa nyambung/ngerti (tapi ga usah dipikirin...), kalo pun kita ga tau alias ga nyambung, ya bersikap sebagai orang yang emang ga tau aja. Itung-itung kan jadi nambah wawasan..
    Yah..lebih kurang begitu lah kalo menurut miza pribadi.
    Mohon maaf kalo ada salah kata. Atau ada yang ga nyambung??? ;p

    ReplyDelete
  2. neng kenapa harus malu selama tukang helm masih banyak yang jualan, jusru kita itu baru harus malu kalo kita itu mempunyai salah sama orang lain. gito, tapi emang menghilangkan rasa malu itu cukup sulit itu hraus kita lakuin buat ngilanginnya perlahan-lahan, karena kalo kita trus mempermasalahkan rasa malu susah majunya. jadi berusahaaaa hilanginnya tapi tetap pada batasan-batas pitrah kita sebagai seorang manusia. jangan sampai rasa malu ilang telanjang di depan umum hehehehe.

    ReplyDelete